Biografi KH. Abu Dzarrin – Pada Kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tokoh yang paling berpengaruh di madrasah abu darrin. sampai saat ini beliau masih menjadi inspirasi dan panutan dan sangat di ta’dhimi oleh santri santrinya.

MANAQIB SYEKH ABU DZARRIN KENDAL

من أحيا ذكرى عالم فان عاش عاش سعيدا وان مات مات شهيدا
Artinya :
Barang siapa yang mengidupkan penyebutan orang Alim, bila orang itu masih hidup maka dia akan hidup bahagia, dan apabila mati maka akan mati syahid.

NASAB KH ABU DZARRIN

Al Syekh Almarhum wal Maghfurlah KH. Abu Dzarrin adalah nama asal beliau sebelum haji. Kemudian setelah haji beliau diberi nama Adnan. Beliau dilahirkan di desa Sukorejo kec. Bojonegoro pada tahun 1894 M.
Nasab beliau dari bapak adalah Abu Dzarrin bin H. Umar bin Ngadiman bin Sanding bin binti Wali NOYORONO yang masyhur dengan sebutan Kyai BEDUL JATI KARAS ds. Sedan Kab. Rembang. Wali Noyorono adalah sdalah satu santri Sunan Bonang.
Nasab beliau dari Ibu adalah Abu Dzarrin bin Habibah ( saudari K. Muntholib ds. Ngaren- sukorejo putra mantu dari KHR. Rosyid Kendal ). Ibu Ny. Habibah binti H Ali bin Kati binti Singonoyo yang dimakamkan di Ds. Sukorejo.
Beliau, Al Syekh Almarhum wal Maghfurlah KH. Abu Dzarrin adalah putra tertua diantara saudara-saudaranya yang ada lima, yaitu :
1. Bakri
2. Bakron
3. Badrun
4. Kholil
5. Sahilah
Kemudian pada tahun 1923 M ( pada usia 30 tahun ), beliau menikah dengan Ibu Ny Asmanah ( pada usia 14 tahun ) binti H. Ridlwan bin KHR. Rosyid Kendal. Adapun putra-putra beliau dari Ibu Ny. Asmanah ada 12, yaitu :
1. Nafisah
2. Muhammad Dimyathi
3. Ahmad Munir
4. Mutqinah
5. Muhammad Ma’mun
6. Muhammad Makin
7. Muhammad Harish
8. Muhammad Kamil
9. Naqiyah
10. Matinah
11. Lu’luatul Fu’ad
12. Barrotul Taqiyah
KH. ABU DZARRIN MENUNTUT ILMU DAN MENGAJAR
Al Syekh Almarhum wal Maghfurlah KH. Abu Dzarrin adalah sosok figure yang haus ilmu pengetahuan, dengan bukti beliau istifadah ilmu (belajar) selama kurang lebih 26 tahun, termasuk belajar di Mekkah Al Mukarromah selama 2 tahun. Beliau mulai belajar ketika umur 6 tahun sampai umur 33 tahun. Adapun guru-guru beliau diantaranya :
 Hadlrotul Al Syekh KH. Muntholib Sukorejo, beliau belajar pada tahun 1902 sampai dengan 1909 ( selama +6 tahun )

 KH. Basyir Kendal atau yang terkenal dengan Penghulu Bojonegoro, beliau belajar mulai tahun 1909 sampai dengan 1913 (selama + 4 tahun ).

 Pada tahun 1913, beliau diperintah mengajar oleh KH. Basyir di Madrasah Manba’ul Ulum Bojonegoro selama + 6 Bulan.

 Pada tahun 1913 pula, KH Abu Dzarrin belajar pada Al Syekh KH. Kholil Bangkalan Madura selama + 3 tahun . Dan disini pula beliau belajar ilmu Khot ( kaligrafi ).

 Kemudian beliau pulang dan mengajar kembali di Madrasah Manba’ul Ulum pada tahun 1916 selama + 4 bulan.

 Pada tahun 1916, beliau juga belajar pada Hadlrotus Al Syekh Hasyim Asy’ari Tebu ireng Jombang selama +1 tahun.

 Pada tahun 1917, beliau pulang ke Bojonegoro.

 Pada tahun 1917, beliau istifadah ilmu pada Syekh Dahlan Jampes Kediri + 3 bulan, kemudian meneruskan istifadahnya pada Syekh KH Abdul Manaf Lirboyo Kediri + 4 bulan

 Kemudian beliau meneruskan rihlah ilmiyahnya pada tahun 1918 dan berguru pada Hdlrotul Al Syekh Abul Faqih Maskumambang Gresik selama + 6 bulan.

 Pada tahun 1919, beliau istifadah ilmu pada Shekh Raden Dimyathi dan Syekh Raden Mahfudz Termas Pacitan selama + 6 tahun.

 Pada tahun 1924, beliau naik haji sekaligus mukim belajar pada Ulama’ Mekkah dan Madinah selama 2 tahun.

 Pada tahun 1926, beliau pulang ke Bojonegoro dan sementara mukim di rumah mertua beliau H. Ridlwan. Dan mulai tahun 1930 sampai dengan wafatnya, KH. Abu Dzarrin mukim di ndalemnya sendiri sampai wafat

Hadlrotul Al Syekh KH. Abu Dzarrin setelah kepulangnya dari Mekkah Al Mukarromah ( thn 1926 ) memulai mengajar pada santri-santrinya dengan istiqomah. Beliau mengajar berbagai fan ilmu agama mulai dari kitab tafsir, hadist, fiqh, tauhid, tasawuf , nahwu balaghoh, khot dan lain-lain. Selain mengajar santri, beliau juga mengajar santri sepuh (putra) pada setiap hari selasa pagi, kemudian selasa siang untuk pengajian jama’ah putri. Pada hari jum’at dan setelah jama’ah terawih, Mbah KH. Abu Dzarrin juga selalu istiqomah memberikan pengajian pada santri dan masyarakat sekitarnya.. Setelah beliau wafat beliau, ngaji selasan pagi diteruskan oleh putranya KHM. Dimyathi ( Wafat, hari jum’at jam 5 kurang 5 menit bulan jumadil akhir 1411 H / 28 desember 1990 M ), ngaji selasan siang diteruskan oleh putranya KHA. Munir dan pengajian setelah sholat jum’at dan ba’da terawih diteruskan oleh KHM. Khozin ( wafat, hari senin jam 12.00 tanggal 26 robiul awal 1411 H / 15 Oktober 1990 M ). Setelah KHM. Dimyathi dan KHA. Munir Adnan Wafat, pengajian rutinan diteruskan oleh putra-putra beliau berdua sampai sekarang.
Selain mengajar Mbah KH. Abu Dzarrin juga menyempatkan mengarang Kitab. Adapun kitab yang dikarang oleh beliau diantaranya :
1. Tauhid jawan ( dengan bahasa jawa )
2. Mabadi Nahwu
3. Ajurumiah ( 3 juz )
4. Tarjamah imrithi ( Fan Nahwu )
5. Tarjamah fiqh
6. Jadwal arudl
7. Faroidl
8. Jadwal Haidl
9. Falak
10. Rumus A’immatul Fuqoha’
11. dan lain-lain.

MANAQIB DAN AKHLAQ KH. ABU DZARRIN
Al Syekh Almarhum wal Maghfurlah KH. Abu Dzarrin selama hidupnya dicurahkan untuk ibadah kepada Alloh, Mujahadah dan ittiba’ sunah-sunah Rosululloh SAW dengan berhias akhlaqul karimah. Sebagian akhlaq beliau adalah tidak pernah sekalipun meninggalkan jama’ah Mbah KH Abu Dzarrin selalu sholat berjama’ah sejak menuntut ilmu dari KH. Muntholib, dan ketika itu berusia 6 tahun sampai wafatnya . Ketika ada udzur yang shoheh, beliau merasa seakan-akan belum melakukan sholat.
Dalam hal sholat berjama’ah beliau juga menganjurkan dan mengajak pada santri, keluarga dan putra-putranya yang masih kecil untuk membiasakan diri berjama’ah. Sebagian kebiasaan beliau, setelah sholat jama’ah beliau memberi uang kepada putra-putranya yang ikut jama’ah.
Setelah putra-putra beliau menginjak baligh, beliau memberikan wejangan “ Siro dino iki wis baligh, kabeh amal mu wis dadi tanggung jawabmu dewe-dewe “ ( kamu hari ini sudah baligh , semua amalmu sudah menjadi tanggung jawabmu masing-masing).
Beliau juga selalu berpesan pada santri-santrinya untuk sholat jama’ah. Dawuh beliau
من علامة العلم النافع الجماغة فضلا جماعة الصبح
“ Sebagian tanda ilmu bermanfaat ialah jama’ah, terlebih jama’ah subuh “.
Selain jama’ah, KH. Abu Dzarrin sejak umur 8 tahun sampai dengan wafat beliau, sekalipun tidak pernah meninggalkan puasa sunah senin dan kamis. Beliau meninggalkan puasa sunah tersebut kalau memang ada udzur, misalnya menghormati tamu yang sowan pada beliau. Puasa yang ditinggalkan selalu diqodho’i. Beliau sering dawuh
“ aku yen pot saking poso senin lan kemis wetengku kroso loro “
Aku kalau tidak puasa senin dan kamis, perutku terasa sakit.
Termasuk akhlaq beliau adalah menyukur rambut setiap hari kamis ba’da dhuhur, ittiba’ bisunatil rosul SAW. Beliau juga tidak pernah lepas dari udeng-udeng dan kopyah haji.Dan lagi setiap hari jum’ah pagi, selalu ziarah ke makam orang tua beliau di Sukorejo dan guru –guru beliau, walaupun ditempuh dengan jalan kaki .
Ketika KH. Abu Dzarrin menunaikan haji, beliau pernah berjalan kaki dari Mekah sampai Madinah, yang jarak antara kedua kota suci tersebut + 480 Km. Adapun tujuan beliau adalah ziaroh ke makam Rosululloh SAW. Dalam perjalanan ini, beliau memakai pakaian orang faqir, dan tidak pernah menemukan makanan selain buah Handhol ( sejenis mahuni, yang pahit rasanya ).
Beliau juga terkenal dengan sifat qona’ah (menerima dengan pemberian Alloh ) dan wira’I yaitu menjaga dari perkara yang harom dan juga tidak sembarangan menggunakan milik orang lain, walaupun milik saudara sendiri. Beliau juga tegas dalam hal mendidik putranya pada penerapan hokum. Dalam hal wirid, ketika ditinggalkan maka selalu diqodlo’I .
Adapun Akhlaqul karimah yang dicerminkan didalam masalah kemasyarakatan, KH. Abu Dzarrin selalu mengedapankan sifat Tawadlu’ dan rendah diri. Beliau membuang jauh-jauh ke kiai-an yang disandang beliau. Mbah Abu Dzarrin tidak pernah membedakan masyarakat sekitar, setiap mempunyai kesempatan atau waktu senggang telebih pada hari jum’at setelah sholat ‘Ashar, beliau bersilatur rokhim berkunjung ke kerabat, famili dan tetangga sekitar, menjenguk orang yang sedang sakit dan mengiring jenazah. Beliau mendatangi undangan tanpa membedakan shohibul hajah yang mengundang, terutama undangan mauludan memperingati kelahiran nabi agung Muhammad SAW dan Isro’ mi’roj nabi agung Muhammad SAW. Sejak mondoknya beliau tidak malas untuk berjalan kaki dari rumah menuju pondok dengan membawa kitab-kitab beliau. Dengan membawa peralatan masak seperti kendil. Beliau tidak pernah protes pada belak mondok,berapapun beliau terima. Ketika mondok beliau juga ngadam ( membantu Kyai ), dan tidak sungkan menjadi tukang cuci dan lain-lain. KH. Abu Dzarrin sejak kecil sering membantu orang pekerjaan orang tua ,seperti mencari kayu bakar, menyulam tembok rumah beliau yang terbuat dari bambo dan lain-lain. Hal ini beliau lakukan, agar kelak terbiasa dengan hidup tirakat dan melakukan pekerjaan sendiri , tanpa tergantung pada orang lain. Dan masih banyak lagi kisah tentang akhlaq beliau yang tidak mungkin disebutkan satu persatunya.
KHOTIMAH
Hadlrotus Syekh KH. Abu Dzarrin wafat pada hari kamis legi, tanggal 17 dzulqo’dah tahun 1378 H jam 15.15 waktu ashar. Beliau wafat dalam usia 63 tahun dan dimakamkan di makam Kendal pada keesok hari yaitu hari jum’at pahing jam 2 siang ba’da sholat jum’at.

نفعنا الله به وبعلومه فى الدرين وجعلنا فى زمرته يوم الدين, سبحان من تعزّز بالبقاء وقهر العباد بالموت والفناء . وصلى الله وسلم على خير خلقه سيدنا محمد وعلى أله وأصحابه الى يوم اللقاء أمين أمين أمين يا ربّ العالمين

Sumber Dari :
Buku Yang Dibaca Ketika HAUL

Semoga Di Akui Santri Beliau

Tolong Di Benarkan jika Ada kesalahan dalam penulisan Maupun Sejarah Terima Kasih